Sebagaimana kita ketahui, Kurikulum 2013 mengacu pada pembelajaran tematik di mana dalam satu tema terdiri dari beberapa subtema yang memuat beberapa mata pelajaran/ kompetensi dasar. Oleh karenanya, Soal UTS/PTS Tema 2 ini sengaja saya buat sedemikian rupa yaitu dengan menampilkan per kompetensi dasar. Tujuan saya menciptakan soal UTS/PTS menyerupai ini ialah untuk menjawab keluhan para orang tua/ wali murid yang mengaku gundah dengan kurikulum 2013.
Dengan adanya soal UTS/PTS Tema 2 per mata pelajaran ini, biar berguru tematik menjadi lebih mudah. Saya juga berharap biar soal ini sanggup dijadikan sebagai rujukan berguru untuk memperkaya wawasan penerima didik sekaligus sebagai materi untuk menciptakan soal Penilaian Tengah Semester 1.
Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Tema 2 Kelas 3
Kompetensi Dasar : Matematika
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !1. Hasil dari 300 + 100 = 400. Hasil dari 100 + 300 ialah ....
a. 200
b. 100
c. 300
d. 400
2. 145 + 118 = 118 + ....
a. 118
b. 125
c. 135
d. 145
3. 130 + .... = 273 + 130
a. 130
b. 100
c. 200
d. 273
4. 125 + 150 = n
150 + 120 = n
Nilai dari n ialah ....
a. 200
b. 250
c. 275
d. 280
5. a+b = b+a
Data tersebut merupakan sifat pada penjumlahan ....
a. komutatif
b. asosiatif
c. distributif
d. komunikatif
7. Arman mempunyai 115 kelereng berwarna merah dan 55 kelereng berwarna
hitam. Jumlah semua kelereng Arman ialah .... butir.
a. 160
b. 165
c. 170
d. 180
8. Seorang pedagang buah mempunyai 189 buah apel dan 426 buah mangga. Jumlah buah apel dan buah mangga tersebut ada ....
a. 600
b. 610
c. 612
d. 615
9. Di suatu kebun terdapat 2 buah pohon pepaya. Pohon pertama berbuah
56 buah dan pohon kedua berbuah 48 buah. Jumlah buuh pepaya seluruhnya ada ....
a. 100
b. 102
c. 104
d. 106
10. Pasangan komutatif dari bentuk perkalian 68 x 7 ialah ....
a. 6 x 87
b. 68 x 7
c. 7 x 86
d. 7 x 68
11. Hasil pengerjaan dari 86 x 9 ialah ....
a. 772
b. 774
c. 776
d. 778
12. Di sebuah peternakan sapi terdapat 12 kandang. Tiap sangkar berisi 5 sapi. Jumlah sapi di peternakan tersebut ada .... ekor.
a. 48
b. 50
c. 56
d. 60
13. Bayu beternak ayam, ia mempunyai 20 sangkar ayam. Setiap sangkar berisi 12 ekor.
Jumlah ayam yang dimiliki oleh Bayu ialah .... ekor.
a. 240
b. 250
c. 260
d. 270
14.
Hasil penjumlahan menurut garis bilangan di atas ialah ....
a. 3 + 12 = 13
b. 3 + 9 = 12
c. 0 + 3 = 3
d. 0 + 12 = 12
15. Perhatikan gambar berikut !
Bagian yang diarsir menawarkan kepingan ....
a. 1/6
b. 2/6
c. 3/6
d. 4/6
16. Sebuah semangka dibagi 5 bab sama besar. Nilai setiap bab ialah ....
a. 4/5
b. 3/5
c. 2/5
d. 1/5
17. Pembilang pada kepingan 3/8 ialah ....
a. 3
b. 8
c. 38
d. 83
18. Lambang bilangan setengah ialah ....
a. 1/2
b. 1/3
c. 2/3
d. 1/1
19. Lambang bilangan seribu dua ratus lima puluh delapan ialah ....
a. 1258
b. 12058
c. 10258
d. 120058
20. Angka 5 pada bilangan 3.529 menempati daerah ....
a. satuan
b. puluhan
c. ratusan
d. ribuan
II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. 5 + 3 = 8
3 + 5 = 8
Jadi, 5 + 3 = .... + ....
2. 450 + 200 = .... + 450
3. .... + 175 = 175 + 210
4. 8 x 6 = n x 8. Nilai n ialah ....
5. 9 x b = 7 x a Nilai b dan a ialah ....
6. Angka 3 pada kepingan 2/3 disebut ....
7. Sebuah roti dibagi 8 bab yang sama besar. Satu bab roti bernilai .....
8. Pecahan tujuh per sembilan ditulis ....
9. Hasil penjumlahan 5.275 + 1.175 ialah ....
10. Hasil perkalian dari 126 x 8 ialah ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Ibu membeli 135 butir telur ayam lalu membeli lagi 265 telur ayam. Berapa jumlah telur ayam yang dibeli ibu?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................
2. Di atas meja terdapat 3 buah kaleng. Kaleng pertama berisi 35 butir kelereng, kaleng kedua berisi 68 butir kelereng, dan kaleng ketiga berisi 125 butir kelereng. Berapa jumlah kelereng seluruhnya ?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................
3. Ibu mempunyai 5 piring di meja makan. Setiap piring berisi 5 kue. Berapa jumlah camilan bagus ibu seluruhnya?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................
4. Kakak mempunyai 5 tangkai bunga. Setiap tangkai berisi 8 bunga. Berapa jumlah bunga seluruhnya ?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................
5. Sebuah camilan bagus bolu dibagikan kepada 12 anak dengan bab yang sama besar. Tentukan kepingan yang menawarkan bab camilan bagus bolu yang diterima setiap anak!
Jawab : ....................................................................................................
...........................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika
Kunci Jawaban Room I
1. d. 4002. d. 145
3. d. 273
4. c. 275
5. a. komutatif
7. c. 170
8. d. 615
9. c. 104
10. d. 7 x 68
11. b. 774
12. d. 60
13. a. 240
14. b. 3 + 9 = 12
15. b. 2/6
16. d. 1/5
17. a. 3
18. a. 1/2
19. a. 1258
20. c. ratusan
Kunci Jawaban Room II
1. 3 + 52. 200
3. 210
4. 6
5. b = 7, a = 9
6. penyebut
7. 1/8
8. 7/9
9. 6.450
10. 1.008
Kunci Jawaban Room III
1. 135 + 265 = 400Makara telur ayam yang dibeli ibu sebanyak 400 butir
2. 35 + 68 + 125 = 228
Makara jumlah kelereng seluruhnya ada 228 butir.
3. 5 x 5 = 25
Makara jumlah camilan bagus ibu seluruhnya ada 25
4. 5 x 8 = 40
Makara jumlah bunga seluruhnya ada 40
5. 1/12
Note : Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasihItulah Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar