Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Tema 2
Kompetensi Dasar : PPKn
1. Sebuah perilaku yang sanggup mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa ialah ....
a. suka meremehkan
b. tidak mempunyai empati
c. memaksakan kehendak
d. menjaga kerukunan
2. Peristiwa yang menjadi tonggak adanya persatuan dan kesatuan dengan mengesampingkan segala macam perbedaan ialah ....
a. Sumpah Pemuda
b. Proklamasi Kemerdekaan
c. Dekrit Presiden
d. reformasi
3. Keragaman budaya sanggup dijadikan sebagai ....
a. pemicu pertengkaran
b. penghalang kemajuan
c. perekat persatuan dan kesatuan
d. pemisah persatuan dan kesatuan
4. Contoh kiprah serta siswa untuk ikut memperkuat persatuan bangsa Indonesia ialah ....
a. membantu korban tragedi alam
b. menjadi duta sekolah ke sekolah lain
c. mengikuti upacara bendera
d. ikut serta dalam komponen pertahanan negara
5. Salah satu tindakan yang sanggup membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa ialah ....
a. menyaring budaya absurd yang masuk ke Indonesia
b. membina kerukunan hidup
c. menganggap sukunya lebih tinggi dari suku lain
d. mempelajari budaya absurd yang sesuai
6. Meskipun terdiri dari banyak suku bangsa tetapi tetap satu. Pernyataan di atas merupakan arti dari semboyan ....
a. habis gelap terbitlah terang
b. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
c. Bhinneka Tunggal lka
d. satu nusa satu bangsa
7. Menyelesaikan duduk perkara tanpa kekerasan ialah wujud perilaku ....
a. mengutamakan persatuan dan kesatuan
b. rela berkorban
c. cinta tanah air
d. jiwa kepahlawanan
8. Di bawah ini yang bukan merupakan rujukan kegiatan yang sanggup mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah ialah ....
a. mengadakan berguru bersama
b. menghormati bapak dan ibu guru
c. bertengkar dengan teman
d. gotong royong membersihkan lingkungan sekolah
9. Sila Persatuan Indonesia mengutamakan kepentingan dan keselamatan ....
a. bangsa
b. masyarakat
c. langsung
d. keluarga
10. Cara menjaga keutuhan negara Indonesia ialah dengan menjaga persamaan yang
ada. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda ialah ....
a. agama
b. bahasa daerah
c. warna kulit
d. bangsa Indonesia
11. Berikut ini yang bukan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah ialah ....
a. tidak membeda-bedakan teman
b. meningkatkan kerukunan antarwarga
c. menumbuhkan rasa menghargai teman
d. membuat rasa peduli terhadap teman
12. Menjaga keutuhan bangsa serta menghindari adanya perpecahan merupakan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan .....
a. keluarga
b. masyarakat
c. bangsa dan negara
d. sekolah
13. Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan
sendirinya, tetapi melalui ....
a. pengorbanan jiwa, raga, dan harta seluruh rakyat
b. dukungan pemerintah Jepang
c. hasil usaha para pemimpin terdahulu
d. usaha para pendekar semata
14. Salah satu bentuk perwujudan semangat persatuan dan kesatuan ialah gotong royong. Gotong royong perlu kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari alasannya ....
a. merupakan kebiasaan suku bangsa
b. merupakan ciri khas kawasan tertentu
c. sanggup mewujudkan ketenangan lingkungan
d. sanggup mewujudkan kesejahteraan bersama
15. Berikut ini bukan merupakan rujukan kegiatan yang sanggup mempererat persatuan kesatuan masyarakat ialah .....
a. gotong royong membersihkan lingkungan
b. kerja bakti memperbaiki jalan yang rusak
c. membantu tetangga yang sedang ada program keluarga
d. bersama tetangga membicarakan kejelekan orang
16. Berikut ini yang bukan merupakan cara menjaga kerukunan dengan tetangga ialah ....
a. menjalin silahturahmi
b. gotong royong
c. saling bertegur sapa
d. saling memusuhi
17. Sikap yang merupakan manfaat hidup rukun ialah ....
a. saling menyayangi
b. tidak mempunyai teman
c. bertengkar
d. bermusuhan
18. Pancasila menanamkan sifat persatuan untuk membuat ....
a. kerukunan
b. permusuhan
c. perdebatan
d. perselisihan
19. Menjaga persatuan dan kesatuan NKRI ialah kiprah dari ....
a. Presiden
b. Menteri
c. TNI
d. semua warga Negara Indonesia
20. Rasa persatuan yang sanggup kita temukan di lingkungan sekolah ialah ....
a. tidak sopan terhadap guru
b. saling menghormati sesama sahabat dan guru
c. bertengkar dengan teman
d. tidak mendengarkan dikala pelajaran
II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Hidup saling menghormati, menghargai, dan mengasihi antara sesama manusia
disebut .....................................
2. Hidup rukun dalam perbedaan harus dilakukan di ..............................
3. Meskipun di Indonesia terdiri dari banyak sekali kepercayaan tetapi penduduk Indonesia tetap ......................................
4. Perbedaan bahasa sanggup disatukan dengan adanya bahasa kesatuan, yaitu ............
5. Perbedaan bukan merupakan kendala dalam menjalin ...................................
6. Sikap yang sempurna biar tercipta hidup rukun berbangsa dan bernegara ialah ...........
7. Gotong royong merupakan salah satu perilaku ...........................
8. Kerja sama sanggup membuat pekerjaan sulit menjadi ..........................
9. Rasa persatuan dan kesatuan sanggup kita tanamkan semenjak ...........................
10. Dengan saling menjaga persatuan dan kesatuan, hidup menjadi lebih .................
11. Sila Ketiga Pancasila dilambangkan dengan .......................
12. Pancasila menanamkan sifat persatuan untuk membuat .........................
13. Persatuan itu didorong oleh semangat untuk ......................................
14. Dalam hidup bermasyarakat semua anggota masyarakat haruslah mempunyai perilaku .....
15. Tujuan saling menghargai dan bekerja sama antarkeberagaman ialah biar kehidupan yang dijalani selalu .........................................
16. Keragaman suku bangsa dan budaya yang ada dalam masyarakat menjadi alat ........
17. Ungkapan "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh" mengatakan pentingnya ..........
18. Makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sanggup mewujudkan sifat .......
19. Menumbuhkan rasa toleransi antarwarga merupakan manfaat hidup bersatu dalam ...
20. Memperkuat ketahanan nasional Indonesia dalam menghadapi segala macam ancaman dan gangguan merupakan manfaat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan ......................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terperinci dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan hidup rukun ?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
2. Bagaimanakah cara membina kerukunan dengan sahabat yang berbeda agama?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
3. Mengapa kerukunan hidup dikatakan sebagai modal utama dalam menjaga keutuhan
Negara Kesatuan Republik Indonesia?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
4. Sebutkan usaha-usaha yang perlu dilakukan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia!
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
5. Bagaimana seharusnya kita memandang perbedaan adat, budaya, dan ras yang dimiliki bangsa ini?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
6. Jelaskan apa yang kau ketahui wacana hidup rukun di masyarakat!
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
7. Sebutkan manfaat hidup rukun di lingkungan sekolah!
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
8. Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
9. Berikan rujukan perilaku persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari !
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
10. Apa makna "Bersatu Kita Teguh" berdasarkan pendapatmu?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
11. Apa makna sila ketiga Pancasila?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
12. Sebutkan rujukan perilaku yang mencerminkan sila ketiga !
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
13. Sebutkan rujukan makna persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri !
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
14. Apa yang ditegaskan pada isi proklamasi kemerdekaan?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
15. Sebutkan arti penting persatuan dan kesatuan bagi masyarakat!
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
16. Sebutkan faktor-faktor yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia!
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
17. Bagaimana tahap-tahap training persatuan bangsa Indonesia?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
18. Sebutkan manfaat hidup bersatu di lingkungan sekolah!
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
19. Apa saja manfaat hidup bersatu dalam kehidupan bermasyarakat?
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
20. Sebutkan manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara!
Jawab : ................................................................................................................
..........................................................
KUNCI JAWABAN ROOM I
1. d. menjaga kerukunan2. a. Sumpah Pemuda
3. c. perekat persatuan dan kesatuan
4. c. mengikuti upacara bendera
5. c. menganggap sukunya lebih tinggi dari suku lain
6. c. Bhinneka Tunggal lka
7. a. mengutamakan persatuan dan kesatuan
8. c. bertengkar dengan teman
9. a. bangsa
10. d. bangsa Indonesia
11. b. meningkatkan kerukunan antarwarga
12. c. bangsa dan negara
13. a. pengorbanan jiwa, raga, dan harta seluruh rakyat
14. d. sanggup mewujudkan kesejahteraan bersama
15. d. bersama tetangga membicarakan kejelekan orang
16. d. saling memusuhi
17. a. saling menyayangi
18. b. permusuhan
19. d. semua warga Negara Indonesia
20. b. saling menghormati sesama sahabat dan guru
KUNCI JAWABAN ROOM II
1. rukun2. mana saja
3. satu
4. bahasa Indonesia
5. kerukunan
6. saling menghormati
7. menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan
8. mudah
9. kecil
10. bahagia
11. pohon beringin
12. kerukunan
13. bersatu
14. saling menghormati
15. harmonis
16. pemersatu bangsa
17. persatuan dan kesatuan
18. kekeluargaan
19. perbedaan
20. bangsa dan negara
KUNCI JAWABAN ROOM III
1. Hidup rukun ialah hidup yang tenang saling mengasihi2. dengan saling menghormati, toleransi
3. alasannya dengan adanya kerukunan maka akan terbina persatuan dan kesatuan bangsa 4. saling menghormati, tidak membeda-bedakan suku, agama, bahasa
5. perbedaan adat, budaya, dan ras yang dimiliki bangsa ini janganlah membuat kita saling bermusuhan. Kita harus selalu ingat semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua
6. hidup rukun di masyarakat berarti hidup berdampingan, saling mengasihi sesama warga masyarakat
7. Manfaat hidup rukun di lingkungan sekolah yaitu berguru menjadi nyaman, menyenangkan alasannya mempunyai sahabat yang saling menyayangi
8. dengan persatuan maka bangsa Indonesia tidak akan terpecah belah sehingga tercipta kehidupan yang serasi dan saling berdampingan walaupun terdapat banyak perbedaan
9. saling membantu, bekerja sama dalam kebaikan
10. dengan bersatu, bangsa Indonesia menjadi kuat
11. kita sebagai bangsa indonesia harus mengutamakan persatuan atau kerukunan bagi seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai perbedaan agama, suku, bahasa, dan budaya
12. menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan, tidak membeda bedakan teman, menghargai sahabat berbeda suku, menghormati sahabat yang berbeda agama
13. makna persatuan dan kesatuan, menyebabkan kita langsung yang lebih baik, tidak egois, selalu menghargai orang lain
14. pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia
15. dengan adanya persatuan dan kesatuan maka kehidupan masyarakat akan menjadi lebih baik, tidak ada perselisihan sehingga tercipta kehidupan yang tenang dan tenteram
16. Faktor-faktor yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia di antaranya yaitu : Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bahasa Indonesia, Sumpah Pemuda
17. Tahap pertama : perasaan senasib
2. Tahap kedua : kebangkitan nasional 1908
3. Tahap ketiga : Sumpah Pemuda 1928
4. Tahap keempat : Proklamasi Kemerdekaan RI 1945
18. proses berguru mengajar menjadi lancar
19. Menumbuhkan kerukunan antarwarga masyarakat sehingga hidup menjadi nyaman, tenteram dan damai
20. bangsa Indonesia menjadi kuat, tidak gampang terpecah belah, kehidupan masyarakat menjadi lebih baik
Download Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Tema 2 PPKn Kelas 6 Semester 1 K13 Revisi 2018 plus Kunci Jawaban
Note : Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Tema 2 PPKn Kelas 6 Semester 1 K13 Revisi 2018 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasihItulah Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Tema 2 PPKn Kelas 6 Semester 1 K13 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar