Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1
I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1. Rencana kerja yang memuat garis besar karangan disebut ....
a. tema karangan
b. kerangka karangan
c. tujuan mengarang
d. pengembangan karangan
2. Berikut yang merupakan judul karangan menurut pengalaman ialah ....
a. Kegiatan Jual Beli di Pasar Tradisional
b. Banjir Melanda Jakarta
c. Senangnya Liburan di Rumah Nenek
d. Usaha Sampingan Untung Melimpah
3. Hal pertama yang harus dilakukan dalam menyusun karangan ialah ....
a. tema
b. menciptakan kerangka karangan
c. mengumpulkan data
d. menyebarkan kerangka karangan
4. Tujuan menciptakan kerangka karangan ialah ....
a. memperluas bahasa karangan
b. menghindari salah baca
c. mempermudah pembuatan judul
d. mempermudah mengarang
5. Karangan yang ditulis menurut pengalaman biasanya berbentuk prosa, alasannya ialah ....
a. terikat oleh bait dan rima
b. bebas berekspresi
c. terikat oleh tem atau topik
d. tidak terikat oleh bait dan rima
6. Data kegiatan wawancara, langkah terakhir sesudah mendengarkan klarifikasi narasumber ialah menciptakan ....
a. catatan
b. daftar pertanyaan
c. kesimpulan
d. kerangka laporan
7. Yoga suka menyontek pekerjaan milik temannya.
Kalimat tanggapan yang sempurna untuk Yoga ialah ....
a. Yoga ialah anak yang malas dan bodoh
b. Anak ibarat Yoga sebaiknya dikeluarkan dari sekolah
c. Lebih baik Yoga dimusuhi biar tidak mempunyai teman.
d. Yoga seharus rajin mencar ilmu supaya sanggup menuntaskan pekerjaannya sendiri
8. Aku mengintip dari lubang pintu. Kulihat Via mengendap-endap di antara bangku. Ia membuka tas temannya satu-persatu. Setelah mendapat selembar uang dua puluh ribu, ia keluar tanpa tahu saya ada di balik pintu. Aku benar-benar tidak menyangka ternyata Via yang bagus itu ....
a. ringan tangan
b. panjang tangan
c. tangan kreatif
d. kaki tangan
9. Tanda yang dipakai untuk memisahkan antara pelaku dengan obrolan yang diucapkan adalah
tanda ....
a. petik (“ .... “)
b. titik dua (:)
c. titik (.)
d. koma (,)
10. Orang yang memperlihatkan informasi dalam kegiatan wawancara disebut ....
a. produser
b. sutradara
c. narasumber
d. sumber berita
11. Tahap memperkenalkan diri dan mengemukakan maksud dan tujuan wawancara disebut tahap ....
a. pembukaan
b. inti
c. akhlr
d. penutup
12. Kalimat berikut yang mengambarkan tabiat tokoh ialah ....
a. Budi membeli bakso di kios pak Mamat
b. Budi menyiram flora cabai
c. Budi menunggu Badrun semenjak pukul 6 pagi
d. Budi rajin mengaji
13. Maling Kundang dan Rawa Pening merupakan salah satu kisah rakyat berupa ....
a. fabel
b. mite
c. legenda
d. sage
14. Dalam sebuah kisah terdapat tokoh yang mempunyai karakter masing- masing. Tokoh yang berkarakter tidak baik atau jahat disebut ....
a. antagonis
b. prolagonis
c. kiprah utama
d. kiprah pengganti
17. Cerita Dua Tupai dan Seekor Ular Pohon mengandung pesan bahwa keserakahan dan kesombongan akan berdampak jelek bagi diri kita. Kandungan pesan tersebut menjadi bab dari kisah yang disebut ....
a. setting
b. tema
c. latar
d. amanat
18. Agar tidak keluar dari topik atau tema, sebelum melaksanakan wawancara, sebaiknya kita terlebih dahulu menciptakan ....
a. daftar pertanyaan
b. kegiatan wawancara
c. daftar nama narasumber
d. laporan hasil wawancara
19. Berikut Ini yang temasuk kisah nonfiksi ialah ....
a. Legenda Roro Jonggrang
b. Malin Kundang
c. Cara Membuat Boneka
d. Legenda Danau Toba
20. Judul :
(1) Ibu Pertiwi
(2) Pahlawan Tanpa Tanda jasa
(3) Alam Indonesia
(4) Sang Pejuang
Judul puisi tersebut yang bertema Guru ialah ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
21. Salah satu cara memilih tema dalam suatu karangan ialah ....
a. memahami karangan tersebut secara mendalam
b. meminta proteksi kepada orang yang pandai
c. bertanya kepada pengarangnya
d. berdiskusi dengan teman
22. Kalimat-kalimat berikut yang berisi tanggapan ialah ....
a. Sebaiknya kita segera membersihkan selokan di depan sekolah kita.
b. Yuki dan Yoko berlibur bersama kedua orang tuanya ke Jepang
c. Seorang gadis sedang memberi makan kucing kesayangannya
d. Pahlawan ialah orang yang ikut berjuang untuk negara
23. Membaca teks percakapan termasuk dalam kegiatan membaca ....
a. sekilas
b. nyaring
c. memindai
d. dalam hati
24. Bacalah paragraf berikut !
Siswa kelas lima membagi kiprah kelompok. Ada yang membawa gunting dan kertas. Ada juga yang membawa lem dan peralatan yang lain. Mereka sedang menciptakan kerajinan.
Kalimat utama paragraf tersebut ialah ....
a. Siswa kelas lima membagi kiprah kelompok.
b. Ada yang membawa gunting dan kertas.
c. Ada juga yang membawa lem dan peralatan yang lain
d. Mereka sedang menciptakan kerajinan.
25. Berikut ini yang tidak termasuk tahap-tahap dalam menulis laporan pengamatan ialah ....
a. melaksanakan pengamatan terhadap objek tertentu
b. mencatat semua informasi yang sangat penting
c. menulis laporan
d. menciptakan kerangka karangan
26. Bacalah teks bacaan berikut !
Sungai Cliwung yang dahulu jernih dan banyak ikannya, sekarang sudah bermetamorfosis hitam dan bau. Setiap demam isu hujan menjadi langganan banjir. Warga yang membangun rumah daerah tinggal di bantaran sungai itu
membuang limbah rumah tangga ke sungai.
Pokok kasus teks bacaan tersebut ialah ....
a. Sungai Ciliwung dahulu bersih.
b. Sungai Ciliwung dahulu banyak ikannya.
c Sungai Ciliwung setiap demam isu hujan menjadi langganan banjir.
d, Sungai Ciliwung menjadi hitam dan berbau alasannya ialah warga membuang limbah rumah tangga di sungai.
27. Persamaan bunyi simpulan pada puisi disebut ....
a. bait
b. diksi
c. rima
d. majas
28. Penulisan daerah dan tanggal undangan yang benar ialah ....
a. Jakarta. 1 Desember 2017
b. Jakarta, 1 Desember 2017
c. Jakarta; 1 Desember 2017
d. Jakarta: 1 Desember 2017
29. Dalam mengarang, kita harus memperhatikan pilihan kata. Istilah lain pilihan kata ialah ....
e. diksi
b. struktur
c. alur
d. frasa
30. Puisi dibuat oleh banyak unsur, di antaranya ialah ....
a. tema, alur, penokohan
b. majas, perwatakan, amanat
c. tema, persajakan, majas, dan amanat
d. tema, alur, latar, dan penokohan
II. Isilah titik-titik berikut dengan balasan yang benar !
1. Apa yang dimaksud dengan tema karangan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
2. Jelaskan yang dimaksud dengan penghayatan pada ketika membacakan puisi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
3. Apa tujuan menciptakan laporan hasil kunjungan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
4. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan tanggapan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
5. Apa saja langkah yang diperluakan dalam menyusun sebuah karangan ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
6. Sebutkan jenis-jenis karangan menurut cara penyajiannya !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
7. Apa yang dimaksud dengan jeda dan intonasi ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
8. Jelaskan yang dimaksud dengan fakta dalam laporan pengamatan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
9. Apa tujuan dari membaca cepat?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
10. Sebutkan langkah-langkah menulis hasil kunjungan !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.............................................................
Kunci Jawaban Room I
1. b. kerangka karangan2. c. Senangnya Liburan di Rumah Nenek
3. a. tema
4. d. mempermudah mengarang
5. d. tidak terikat oleh balt dan rima
6. d. kerangka laporan
7. d. Yoga seharus rajin mencar ilmu supaya sanggup menuntaskan pekerjaannya sendiri
8. b. panjang tangan
9. b. titik dua (:)
10. c. narasumber
11. a. pembukaan
12. d. Budi rajin mengaji
13. c. legenda
14. a. antagonis
17. d. amanat
18. a. daftar pertanyaan
19. c. Cara Membuat Boneka
20. b. (2) dan (4)
21. a. memahami karangan tersebut secara mendalam
22. a. Sebaiknya kita segera membersihkan selokan di depan sekolah kita.
23. b. nyaring
24. a. Siswa kelas lima membagi kiprah kelompok.
25. d. menciptakan kerangka karangan
26. d, Sungai Ciliwung menjadi hitam dan berbau alasannya ialah warga membuang limbah rumah tangga di sungai.
27. c rima
28. b. Jakarta, 1 Desember 2017
29. a. diksi
30. c. tema, persajakan, majas, dan amanat
Kunci Jawaban Room II
1. tema karangan ialah sesuatu yang akan disampaikan dalam karangan2. meresapi isi puisi dengan penuh perasaan
3. untuk mengetahui, menjelaskan , dan menyimpulkan tujuan dan maksud kunjungan
4. bersikap sopan, tidak menyinggung perasaan orang lain, tanggapan harus sesuai dengan masalah, disampaikan secara terperinci disertai alasan yang masuk nalar
5. memilih tema, menyusun kerangka karangan, mengumpulkan data, menyebarkan kerangka karangan
6. Karangan narasi, karangan deskripsi, karangan eksposisi, karangan argumentasi, karangan persuasi
7. jeda ialah berhenti sejenak ketika membaca. Intonasi ialah tinggi rendahnya nada atau suara
8. data yang bergotong-royong
9. untuk mendapat informasi penting dalam bacaan
10. memilih daerah yang akan dikunjungi, menciptakan daftar pertanyaan, melaksanakan pengamatan, menulis buram awal, memperbaiki goresan pena menurut keterangan narasumber, masukan sobat atau guru
Download Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 Terbaru Tahun 2018 plus Kunci Jawaban
Note : Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 Terbaru Tahun 2018 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 Terbaru Tahun 2018 yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar